Pentingnya Software Pemantau Suhu Laptop

Aplikasi, Laptoppemantau suhu laptop, Pentingnya Software Pemantau Suhu Laptop, software pemantau suhu

Pentingnya Software Pemantau Suhu Laptop – Laptop telah menjadi senjata utama dalam menggenjot produktivitas banyak kalangan. Mulai dari pelajar, mahasiswa hingga pekerja kantoran rata-rata telah memanfaatkan perangkat satu ini. Apalagi, laptop termasuk perangkat yang praktis serta mudah dibawa kemana-mana. Namun, satu masalah yang umum ditemui pengguna laptop adalah masalah suhu.

 

Bentuk laptop yang padat dan kerja yang berat seringkali akan membuat perangkat ini kepanasan. Laptop yang memanas bisa jadi masalah. Suhu yang berlebih pada laptop akan dapat membuat komponen-komponen yang ada di dalamnya cepat rusak. Kondisi terburuk adalah hardisk yang meleleh hingga baterai yang meletup.

 

Untuk mengatasinya, seringkali pengguna laptop akan menggunakan cooling pad yang kerap dipasang di bagian bawah laptop dan dipasangkan melalui port USB. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan aplikasi pemantau suhu. Software khusus ini nantinya akan berperan dalam menantau naiknya panas pada jeroan laptop. Pemanfaatan software ini akan membuat pengguna bisa melihat kapan laptopnya mulai menunjukkan tanda meriang sehingga bisa segera dilakukan langkah-langkah pencegahan hingga pengobatan.

 

Berikut adalah tiga software pemantau suhu laptop yang cukup banyak digunakan.

 

– RealTemp

 

Software RealTemp adalah pemantau suhu untuk komputer yang menggunakan prosesor Intel. Piranti lunak ini akan bekerja dengan cara membaca DTS atau Digital Thermal Sensor pada tiap Core. DTS nantinya akan melaporkan seberapa dekat jarak antara suhu operasinal dengan suhu maksimal aman yang diperbolehkan prosesor. Makin kecil jarak ini artinya makin berbahaya untuk operasional komputer. Kelebihan RealTemp adalah tidak membutuhkan proses instalasi. Fitur yang ada termasuk pengujian apakah sensor DTS mengalami masalah atau tidak. RealTemp mendukung sistem operasi Windows 2000, XP dan Vista.

coba realtemp

Download RealTemp.

– CoreTemp

CoreTemp adalah solusi apabila kita hendak menggunakan RealTemp namun prosesor yang digunakan bukan Intel. CoreTemp dapat jadi pilihan bagi para pengguna AMD. Software ini juga akan mengukur suhu pada tiap Core di prosesor multicore yang dipakai. Sensor yang dibaca juga sama seperti RealTemp, yaitu DTS dan diklaim lebih akurat dibanding sensor thermal diode. Fitur menarik CoreTemp ialah kemampuannya dalam pencatatan atau logging. Pengguna akan dapat melihat rekam jejak naik turun suhu prosesor dalam periode waktu tertentu. Data yang dihasilkan juga akan diolah menjadi grafik melalui aplikasi spreadsheet OpenOffice.org atau Microsoft Office Excel. CoreTemp mendukung sistem operasi Windows XP, Vista dan 7.

 

speedfan

Download CoreTemp.

– SpeedFan

Agak berbeda dibanding dua software sebelumnya, SpeedFan menjanjikan kemampuan dalam mengukur suhu pada hardisk serta motherboard. SpeedFan akan membaca suhu pada kedua komponen tersebut, membaca tegangan listrik serta kecepatan kipas dan juga memantau status dari hardisk. Kemampuan SpeedFan juga mencakup mengatur kecepatan kipas. Hal ini bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan, misalnya untuk membuat laptop menjadi sunyi ataupun menggenjot kerja kipas supaya panas lebih cepat keluar. SpeenFan mendukung sistem operasi Windows ME, NT, 2000, 2003, XP serta Vista.

Download SpeedFan.

Jangan lupa Download juga Aplikasi Pengaturan File Laptop Q-Dir.

Demikian adalah beberapa software yang dapat kita gunakan untuk memantau suhu dari laptop. Upaya pencegahan seperti ini sangat diperlukan agar laptop tidak cepat rusak karena suhu yang seringkali meningkat. Tentu kita tidak ingin perangkat kira rusak saat tengah membutuhkannya untuk urusan yang penting. Semoga daftar software pemantau suhu laptop yang tersedia di atas bisa membantu.